• (0274) 514306
  • keperawatangigi@poltekkesjogja.ac.id

Prodi D IV Keperawatan Gigi

Program Studi  D IV  setara  S1  Keperawatan  Gigi

 

Sebelum tahun 1983 di Provinsi DIY telah berdiri dan terselenggara Pendidikan Tenaga Kesehatan Jenjang Pendidikan Menengah (JPM), yaitu Sekolah Pengatur Rawat Gigi (SPRG), yang merupakan pendidikan kedinasan di bawah Departemen Kesehatan RI.
Seiring dengan kebijakan Departemen Kesehatan RI untuk meningkat-kan pendidikan tenaga kesehatan dari jenjang menengah ke jenjang Akademi atau Diploma III, maka tahun 1995 Sekolah Pengatur Rawat Gigi (SPRG), menjadi Akademi Kesehatan Gigi (AKG).

Pada tahun 2001, seiring dengan kebijakan pemerintah adanya “perampingan organisasi”, maka melalui SK Menkes-Kessos No.: 298/Menkes-Kessos/SK/IV/2001, akademi kesehatan dilebur menjadi satu dalam bentuk Poltekkes dengan nama Poltekkes Depkes Yogyakarta. Kedudukan akademi kesehatan gigi tersebut di dalam Poltekkes menjadi jurusan, sehingga Poltekkes Depkes Yogyakarta terdiri dari 6 (enam) jurusan, salah satunya adalah Jurusan Kesehatan Gigi.

Apabila sewaktu berstatus Akademi kewenangannya adalah menyelenggarakan pendidikan tenaga kesehatan jenjang Diploma I hingga Diploma III, maka setelah dilebur menjadi Poltekkes kewenangannya meningkat yaitu menyelenggarakan pendidikan tenaga kesehatan hingga jenjang Diploma IV.

Sekaitan dengan peningkatan tupoksi tersebut, tahun 2007 berhasil dibuka Prodi D.IV Dental Specialist Assistant pada Jurusan Kesehatan Gigi. Mulai tahun akademik 2014/2015 menerima mahasiswa baru dari lulusan SMA menggunakan kurikulum pendidikan Diploma IV Keperawatan Gigi Tahun 2012.

Program Studi Diploma IV Keperawatan Gigi Jurusan Keperawatan Gigi merupakan institusi pendidikan Keperawatan Gigi yang bernaung di bawah Poltekkes Kemkes Yogyakarta, yang dibentuk oleh Kementerian Kesehatan mempunyai tugas meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pendidikan Keperawatan Gigi. Dalam melaksanakan tugasnya Program Studi Diploma IV Keperawatan Gigi Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta telah mencoba memadukan ilmu dan teknologi berdasarkan  kurikulum nasional yang ditetapkan oleh Kepala Badan PPSDM Kesehatan tahun 2013 untuk Program Diploma IV Keperawatan Gigi, yang dipadukan dengan muatan lokal yang dibuat dengan melibatkan beberapa pengguna lulusan (user) setempat.

Program Studi Diploma IV Keperawatan Gigi Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta saat ini terakreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Program Studi Diploma IV Keperawatan Gigi juga didukung oleh tersedianya asset yang memadai yang terdiri dari  sumber daya, sumber dana, sarana prasarana maupun jumlah mahasiswa yang cukup pula.

Lulusan Prodi D IV  menyandang gelar akademik Sarjana Sains Terapan (S.ST)